Full width home advertisement

Kenali Jenis - Jenis Jerawat Secara Umum
Kenali Jenis - Jenis Jerawat Secara Umum
Jerawat adalah salah satu jenis penyakit kulit yang paling sering tumbuh di wajah dan anggota tubuh lainnya dan sangat mengganggu hingga dapat memperburuk penampilan sesorang.

Jerawat tidak hanya bisa memperburuk penampilan pada saat kemunculannya. Tapi, juga dapat meninggalkan bekas luka dan bopeng pada kulit yang tidak kalah menyebalkan.

Munculnya jerawat ditandai dengan kulit berminyak, munculnya bintil kecil, dan komedo. Jerawat adalah kondisi di mana folikel rambut di kulit tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Ada bermacam – macam jenis jerawat dapat timbul selain di kulit wajah. Contohnya saja di pundak, punggung, dada, dan leher.

Jenis jenis jerawat 

Tetapi anda harus tahu bahwa jerawat dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, mari kita pelajari beberapa jenis jerawat yang sering di derita banyak orang.

1. Jerawat kistik (cystic acne)
Kenali Jenis - Jenis Jerawat Secara Umum
Jerawat Kistik
Seseorang yang memiliki jerawat kistik biasanya akan lebih berisiko memiliki ragam jenis jerawat parah lainnya. Jenis jerawat ini merupakan jerawat dengan kista merah yang berukuran cukup besar di bawah kulit, dan berisikan nanah yang membuatnya terlihat seperti bisul. Apabila anda mengalami jerawat kistik, lebih baik untuk konsultasi hal ini ke dokter kulit. Karena, jika sembarangan menggunaan obat yang dijual bebas akan memberi efek samping.

2. Blackhead dan whitehead (komedo)
Blackhead dan whitehead
Blackhead dan whitehead
Komedo adalah jenis jerawat yang paling dasar. Komedo dapat muncul saat minyak dan sel-sel kulit mati ikut bercampur dan menyumbat pori-pori julit. Komedo bisa menimbulkan sebuah benjolan, apabila komedo tetap berada di bawah kulit, kepala komedo tersebut lebih mungkin berwarna putih dan disebut komedo tertutup, atau whitehead. Apabila komedo terbuka dan muncul ke permukaan kulit, minyak berlebih bereaksi dengan udara dan kepala komedo ini berwarna hitam dan disebut komedo terbuka, atau blackhead.

3. Jerawat biasa
Jerawat Biasa
Jerawat Biasa
Jerawat biasa rata – rata sebagian besar orang pernah menderita jerawat ini. Jerawat ini familliar karena bentuknya yang kecil dan berwana putih kemerahan.

4. Jerawat Nodul
Jerawat Nodule
Jerawat Nodule - Sumber : Acne.org
Jerawat ini mungkin agak terasa asing didengar yaitu Nodul adalah jenis jerawat yang lebih serius, jerawat Nodul terbentuk di bawah kulit, lalu menjadi komedo yang meradang dan keras. Jerawat Nodul dapat menimbulkan rasa sakit setelah bintil menghilang kemudian bekas luka yang merah atau gelap akan tertinggal menjadi noda di kulit wajah.

5. Jerawat Conglobata
Jerawat Konglobata
Jerawat Konglobata Sumber : healthline.com
Jenis jerawat ini sangat parah namun jarang dialami setiap orang, ketika muncul biasanya akan dialami oleh laki-laki di usia remaja dan dewasa muda. Jerawat ini dapat muncul disebabkan karena kelebihan hormon testosteron, obat-obatan steroid, dan kondisi autoimun. Jerawat jenis ini merupakan bentuk jerawat yang parah dan melibatkan banyak nodul yang meradang. Sebab jenis jerawat ini saling terhubung dengan jerawat lainnya. Dan yang lebih parahnya adalah jerawat ini bisa menyebar di bagian wajah, punggung, dada, bokong, lengan, dan leher. Terlebih lagi Bekas luka yang ditimbulkan oleh jerawat jenis ini tentu bisa sangat mengganggu dan menimbulkan bintik hitam pada bekas jerawat.

6. Jerawat Vulgaris
Jerawat Vulgaris
Jerawat Vulgaris - Sumber : ncbi.nlm.nih.gov
Berikutnya adalah jerawat vulgaris, jerawat ini terbentuk karena kelainan kulit yang ditandai dengan keluarnya komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umumnya berlanjut sampai masa dewasa. Jerawat ini bisa disebabkan oleh kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya.

7. Jerawat Pustula
Jerawat Pustula
Jerawat Pustula - Sumber : acne.org
Pustula adalah bentuk dari sebuah komedo yang meradang. Jerawat ini ditandai dengan munculnya dasar yang merah dan kepala yang putih. Pustula dipenuhi dengan nanah dan dapat menyebabkan luka parut yang dalam.

8. Jerawat Rosacea
Jerawat Rosacea
Jerawat Rosacea - Sumber : olivaclinic.com
Jerawat ini biasanya timbul pada wanita yang berusia 30-50 tahun. Gejala awal pada jerawat ini akan tampak kemerahan yang dapat menimbulkan peradangan sehingga bisa menimbulkan sisik pada lipatan hidung.

Nah, demikian 8 jenis jerawat yang kita sudah kita ketahui bersama, semoga artikel dapat menambah wawasan kita tentang jenis-jenis jerawat ya

Bottom Ad [Post Page]