Full width home advertisement

Jerawat adalah suatu penyakit kulit yang paling sering ditemui pada setiap orang baik pria atau wanita. Jerawat biasanya muncul diwajah dengan bentuk benjolan merah yang ukurannya bervariasi dan sangat menggangu penampilan anda. Jika jerawat yang muncul di wajah anda kiranya bergerombol dengan bentuk yang kecil – kecil jerawat ini biasanya disebut jerawat pasir atau bruntusan.

Jika anda perhatikan lagi letak jerawat pasir ini paling sering tumbuh di bagian dahi, lalu tumbuh dibagian wajah pada area pipi dan dagu. Sebagian orang mengira jerawat pasir sejenis dengan komedo. Jerawat pasir sebenarnya sama seperti jerawat biasa yang kadang muncul satu dua buah saja sesekali waktu. Hanya saja, jerawat pasir berukuran kecil berisi nanah (lemak dan kotoran) dan datangnya bergerombol keroyokan. Namun, jerawat pasir bukan termasuk komedo.

Jerawat pasir ini terbentuk dari kumpulan komedo putih yang tumbuh di wajah. Tapi bedanya dengan komedo adalah jerawat berbentuk bintik merah kecil dan jerawat merah kecil yang terdapat nanah di dalamnya. Jerawat pasir yang terdiri dari komedo putih biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.

Apabila kulit sudah meradang parah, dan warna jerawat sudah kemerahan jangan sekali – kali memencet jerawat pasir sebab jika dipencet justru akan jerawat semakin meradang. Untuk itu mari kita kenali apa penyebab jerawat pasir bisa tumbuh.

1. Kurang menjaga kebersihan wajah
Jika anda tidak rajin membersihka wajah secara teratur buka tidak mungkin jerawat akan lebih mudah tumbuh di wajah anda, sebab pori – pori yang harusnya terangkat justru malah mengalami penumpukan, dan akhirnya akan tumbuh jerawat. Dan perlu anda ketahui terutama bagi para wanita yang sering menggunakan make – up jika sudah selesai beraktivitas segeralah cuci wajah dengan bersih sampai tidak ada lagi sisa make – up. Selain itu kebiasan memakai helm dalam keadaan basah atau kotor juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat pasir, dan juga selalu jaga kebersihan rambut anda.

2. Hormon
kita sebagai manusia tidak memprediksi kapan hormon kita naik dan turun, apalagi bagi para remaja yang sedang datang bulan pasti kapasiatas hormon akan lebih meningkat dan ini bisa menjadi penyebab munculnya jerawat pasir. Hal ini yang memungkinkan wanita akan lebih brentan terkena jerawat pasir.

3. Pengaruh makanan
Bagi anda semua yang sangat gemar makan makanan yang berminyak, produk olahan susu dan juga kacang – kacangan mungki seringkali secara bersamaan tumbuh jerawat sebab kumpulan makanan tadi sering dituduh menjadi penyebab jerawat pasir. Makanan penyebab jerawat biasanya adalah makanan yang dapat meningkatkan gula darah.

4. Salah menggunakan produk kecantikan
Jika seorang yang gemar memakai produk kosmetik anda harus lebih teliti lagi dalam memilih produk kosmetik yang aman digunakan untuk wajah anda. Sebab ada kemungkinan besar anda tidak cocok menggunakan produk tersebut, kebanyakan kosmetik juga mengandung minyak sehingga bisa memperparah penumpukan minyak di wajah.

Jika anda sudah tahu apa saja yang menjadi penyebab jerawat pasir, nah sekarang saya akan memberi informasi tentang cara mengilangkan jerawat pasir. Jerawat pasir biasanya diobati dengan obat jerawat minum yang diresepkan oleh dokter kulit, seperti doxycycline, minocycline, tetracycline, atau erythromycin. Obat-obatan antibiotik ini sering digunakan karena memang memiliki sifat antibakteri. Anda tidak perlu cemas sebab juga ada obat alami penghilang jerawat yaitu:

1. Teh Hijau
Didalam teh hijau memiliki kandungan antioksidan dalam teh hijau sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan jerawat pasir. Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu dengan menumbuk 5-9 lembar daun teh hijau yang masih segar, kemudian mencampurkannya dengan 1 sendok makan tepung jagung. Setelah tercampur sempurna, gunakan campuran tersebut sebagai scrub wajah, gosokkan secara lembut pada daerah wajah yang berjerawat dengan gerakan melingkar, kemudian bersihkan dengan menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori kulit. Anda bisa lakukan cara ini 2x seminggu untuk hasil yang maksimal.

2. Menggunakan masker alami
Masker merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan jerawat pasir yang pertama adalah dengan menggunakan masker alami. Beberapa masker wajah alami yang dipercaya ampuh untuk mengatasi jerawat pasir antara lain seperti masker jus tomat, pepaya, jus lemon, hingga lidah buaya. Masker alami memang merupakan obat yang paling aman untuk jerawat tapi jangan lupa untuk tetap menyesuaikan bahan alami yang digunakan dengan kondisi kulit Anda.

Nah, sekarang Anda telah tahu apa itu jerawat pasir, penyebab dan cara menghilangkannya. Smoga artikel ini dapat membantu anda untuk mengatasi jerawat pasir. Selamat mencoba!

Bottom Ad [Post Page]