Full width home advertisement

Efek Samping Memencet Jerawat
Efek Samping Memencet Jerawat
Timbulnya jerawat di wajah bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang, jerawat adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh penyumbatan pada folikel rambut di kulit, penyumbatan ini disebabkan oleh kotoran yang bercampur dengan minyak dan sel kulit mati. Jerawat pun bisa menyerang berbagai usia loh, jerawat pun dapat tumbuh di berbagai tempat seperti wajah, punggung, leher, dada, dan dagu.

Jerawat sering dianggap sebagai hasil dari kebersihan diri yang tidak optimal, padahal kasusnya tidak selalu seperti itu. pada kulit, apabila didasar folikel rambut memiliki aktivitas produksi minyak berlebih, biasanya akan muncul jerawat. Sel-sel kulit yang mati dan tertinggal pada bagian wajah dan bercampur bersama minyak, pori-pori pada kulit wajah akan tertutup dan terbentuk jerawat. jerawat pada umumnya disebabkan oleh hormon,dan minyak/sebum di kulit yang biasanya dipicu dengan bakteri.

Setiap orang pastinya menginginkan wajah nya terbebas dari yang namanya jerawat, apalagi wajah merupakan bagian vital yang sangat sensifif terhadap kotoran, jadi sebisa mungkin kita harus selalu menjaga kebersihan diri kita. Terutama bagi anda yang sering beraktifitas diluar ruangan atau outdoor harus lebih protektif lagi dalam menjaga kebersihan wajah sebab di luaran sana banyak sekali kotoran dan debu yang bisa menyebabkan jerawat.

Saat jerawat muncul, sebagian dari kita secara reflek tangan kita pasti selalu tertarik untuk meraba jerawat yang baru muncul. Jerawat yang muncul, apalagi jerawat yang besar dan kemerahan.Hal ini membuat tangan semakin gemas ingin memencetnya terutama bila sudah matang. 

Dan menahan diri untuk tidak memencet jerawat rasanya sulit. Lagipula, siapa coba yang mau berlama-lama membiarkan jerawat yang muncul di wajah. Tidak sedikit juga lho orang mempunyai hobi memencet jerawat, ataupun gemas untuk memencet jerawat. Namun, tahu nggak bahwa memencet jerawat hanya akan memperburuk peradangan yang terjadi pada jerawat diwajah kita.


Konsekuensi  atau efek samping dari memencet jerawat di wajah


Menyebabkan Infeksi Kulit

Efek Akibat Jerawat di Pencet dan Cara mengatasi jerawat meradang dengan memencetnya, hanya akan membuka luka baru pada wajah. Luka tersebut biasanya akan tetap terbuka begitu saja bahkan sampai mengering. Biasanya setelah kita memencet jerawat, akan kita dapatkan gumpalan berwarna kuning yang mengandung nanah, dan juga terdapat cairan, dan biasanya di tempat yang sama kita memencet jerawat yang kita harapkan jerawat tersebut hilang, akan timbul jerawat baru,  Selain menimbulkan jerawat baru, efek akibat jerawat dipencet adalah timbulnya infeksi berupa peradangan yang berwarna merah bahkan pembengkakan, juga bekas jerawat yang kita pencet akan menimbulkan bekas luka berwarna hitam


Menambah Bakteri Masuk Ke Kulit

Saat kita melakukan proses memencet, jerawat target kita biasanya tidak akan langsung keluar dan biasanya nggak langsung berhasil, Kita harus menekan, mencubit dan mencubit lebih keras. Proses ini justru menyebabkan bakteri, minyak dan kotoran masuk ke area yang semakin dalam

Menimbulkan Bekas Jerawat/luka

Untuk jangka pendek, memencet jerawat mungkin akan memberikan kepuasan tersendiri karena  jerawat yang sudah hilang dari wajah Anda. Namun, kegiatan memencet jerawat ini malahan akan menimbulkan bekas luka yang terlihat sangat jelas. Kulit menjadi trauma bahkan lecet saat tangan memencet jerawat dengan kuat. Trauma ini akan menimbulkan noda kehitaman bekas jerawat dan memerlukan waktu lama untuk sembuh.

Terjadi Iritasi Kulit

Segera setelah dipencet jerawat akan muncul kembali biasanya disertai kemerahan atau iritasi. Bahkan iritasi dan peradangan meninggalkan bekas yang lebih lama dari jerawat itu sendiri. Jadi tinggalkan lah keniasan buruk seperti memencet jerawat ya.

Kemungkinan Menambah Jerawat

Jerawat mengandung minyak, kotoran, bakteri, dan debu. Saat kita pencet, cairan yang berisi minyak, kotoran, bakteri, dan debu ini bisa saja menyebar ke area kulit lain dan masuk ke pori-pori area lain sehingga kemungkinan untuk munculnya jerawat di tempat lain sangat besar.

Demikianlah informasi mengenai efek yang ditimbulkan bila memencet jerawat, jadi bagi anda semua sangat disarankan untuk tidak memencet jerawat ya sebab itu malah akan memperburuk kondisi jerawat anda.

Bottom Ad [Post Page]