Full width home advertisement

Cara Menghilangkan Bopeng Di Wajah karena bekas Jerawat
Ilustrasi

Permasalahan jerawat yang muncul diwajah sampai kita berhasil mengobatinya ternyata belum dapat menyelesaikan seutuhnya, terkadang jerawat yang sudah sembuh akan meninggalkan bekas, bekas luka ini terkadang membuat kulit wajah menjadi tidak rata dan halus, ada banyak banyak lubang yang biasanya berwarna hitam, dan inilah yang biasa disebut dengan bopeng, bopeng akan lebih parah jika saat wajah jerawatan kita seringkali memencet jerawat yang belum matang, karena sudah nggak tahan dan tangan sudah sangat gatel ingin segera jerawat di wajah pergi.

Memencet jerawat adalah salah satu solusi yang tidak dianjurkan, sekalipun rasa puas karena jerawat dan gumapalan lemak dapat dikeluarkan, bekas yang yang ditimbulkan amalah akan menambah masalah baru, bekas jerawat yang berwarna hitam atau bopeng secara medis masih dapat disembuhkan, tentu anda harus menemui dokter untuk mendapatkan solusi, akan tetapi jangan heran bila anda berkonsultasi dengan dokter, langkah medis yang akan dijalankan juga akan menguras dompet anda, karena biaya yang harus anda keluarkan min Rp.300 ribu sampai jutaan rupiah. Tapi hasil yang akan anda peroleh tentu akan sangat memuaskan.


Jenis bekas luka akibat jerawat pada wajah

Sebelum terlalu dalam anda membaca artikel ini, ada baiknya anda mengetahui beberapa jenis bekas yang ditimbulkan oleh jerawat :

1. Hypertrophic scar

Merupakan bekas luka pada permukaan kulit karena kebanyakan kolagen saat penyembuhan luka yang diakibatkan oleh jerawat. Bekas luka jenis ini kebanyakan dialami oleh mereka dengan jenis kulit keloid

2. Dark spot

Jenis luka ini biasanya hanya mengakibatkan perubahan warna pigmen kulit pada bekas jerawat. Perubahan pigmen biasanya memiliki warna merah, coklat gelap dan ungu. Dark spot dapat dihilangkan dalam waktu beberapa bulan

3. Athropic scar

Jenis luka bekas jerawat ini lah yang biasanya disebut dengan bopeng, bekas luka jenis ini terbentuk karena kulit kekurangan kolagen pada saat proses penyembuhan akibat jerawat. Berdasarkan bentuknya, jenis luka Athropic scar terbagi dalam tiga bagian :

  • Ice pick

Bekas luka ini biasanya berbentuk lubang bulat atau oval kecil pada wajah yang cukup dalam, memiliki bentuk v dan cenderung sempit, bekas luka ice pick ini sekalipun terlihat kecil namun yang paling susah diobati, karena lubang yang cukup dalam pada permukaan kulit wajah. Pada case tertentu bahkan dapat mencapai lapisan dermis, bekas luka ice pick banyak ditemukan pada bagian pipi, dagu dan rahang.

  • Rolling

Bentuk nya agak menyerupai mangkok karena berbentuk lubang tapi agak melebar, biasanya karena lebar bekas luka ini tidak terlalu dalam, ciri lainnya kulit wajah akan terlihat bergelombang karena tekstur kulit yang naik turun, bekas luka ini dapat ditimbulkan oleh jerawat yang meradang cukup lama

  • Boxed scar

Jenis luka ini dinamai dengan kotak karena bekas luka yang diakibatkan oleh jerawat ini tidak terlalu dalam tapi mempunyai batas yang tegas antara bekas jerawat dan mana yang bukan, boxed scar disebabkan oleh jerawat yang meradang dan mengakibatkan rusaknya kolagen serta hilangnya jaringan tissue pada kulit wajah, jaringan tissue ibarat pondasi dimana kulit berada, ketika jaringan ini hilang maka kulit wajah tidak lagi memiliki penopang dan akhirnya akan masuk kedalam.

Setelah mengetahui jenis bekas luka akibat jerawat, maka berikut informasi penanganan dari sisi medis yang akan dilakukan supaya kulit wajah dapat mulus seperti kulit bayi.


Menghilangkan bopeng diwajah karena bekas luka jerawat.

untuk menghilangkan bopeng akibat bekas jerawat ada 10 treatment dan pengobatan yang dapat dilakukan, yaitu :

1. Mikrodermabrasi

treatment ini dilakukan dengan butiran Kristal mikro dengan tujuan mengangkat lapisan paling luar pada kulit dan merangsang tumbuhnya sel sel kulit baru dan kolagen. Pengobata ini biasanya berdurasi maksimal 1 jam.

2. Dermabrasi

Treatment untuk menghilangkan bopeng ini dilakukan dengan maksud melukai kulit dengan sengaja supaya merangsang terbentuknya sel kulit baru. Treatment dilakukan menggunakan alat dermabrator yaitu sikat kecepatan tinggi yang dilengkapi roda, setelah melakukan treatment ini wajah anda akan terlihat bengkak dan berwarna kemerahan , namun hal itu wajar, hasil dari treatment ini akan terlihat kurang dari 1 bulan dan wajah anda akan mulus kembali

3. Chemical peeling

Sesuai dengan namanya, treatment akan dilakukan dengan menggunakan bahan kimia, dengan bantuan zat asam yang akan membuang lapisan kulit terluar sehingga akan merangsang terbentuknya lapisan kulit yang baru. Hampir semua jenis bekas luka jerawat dapat disembuhkan dengan treatment ini, zat asam yang biasa digunakan adalah AHA (alpha-hydroxy acid), lactid acid dan salicylic acid.

4. Derma roller

Menghilangkan bopeng karena bekas jerawat dengan metodeini dapat dilakukan, dengan menggunakan jarum yang berukuran kecil, hampir sama seperti dermabrasi, metode ini dilakukan untuk membuat luka dan merangsang kulit memproduksi kolagen sehingga akan membentuk lapisan kulit yang baru pada bagian yang bopeng.

5. Derma pen

Metode derma pen dilakukan dengan alat yang mirip seperti pensil yang di tusukkan pada bagian yang bopeng, metode ini mirip dengan dermabrasi dan derma roller, hanya berbeda pada alat yang digunakan. Derma pen dan derma roller masuk kategori microneedling, dari namanya, metode ini cenderung menggunakan jarum dalam aplikasi nya

6. Filler

Metode ini dilakukan dengan cara menyuntikkan zat tertentu pada bagian wajah yang bopeng, zat yang terkandung adalah kolagen, lemak tubuh, dan zat lainnya, metode filler akan bertahan selama 6 – 18 bulan, tapi bisa juga permanen.

7. Laser fractional

Treatment ini cukup populer, karena dapat memperbaiki tekstur permukaan kulit, dapat pula mengurangi garis garis halus karena dapat meremajakan sel kulit, treatment yang cukup dikenal adalah fractional CO2, treatment ini dimulai dengan pemberian krim anestesi, setelah itu dilakukan penyinaran pada wajah, setelah selesai prosesnya akan menimbulkan luka, tapi setelah luka tersebut sembuh, maka bopeng di bagian wajah akan tersamarkan.

8. Pixel laser

Treatment ini dilakukan dengan cara membuat lubang lubang yang berukuran sangat kecil pada permukaan kulit wajah yang bertujuan untuk mengelupas lapisan sel terluar kulit. Saat treatment ini dilakukan dapat menimbulkan rasa kurang nyaman pada pasien, ruam ruam berwarna merah akan muncul setelah dilakukan treatment ini, dan bertahan kurang lebih selama 48 jam, setelah treatmen ini dilakukan biasanya wajah akan diperban untuk meminimalisir terjadinya infeksi

9. Laser erbium

Treatment ini dilakukan dengan tujuan meremajakan sel sel kulit dengan cara mengablasi kulit dengan kedalaman yang dapat diatur sedemikian rupa, cara kerjanya adalah dengan menginduksi kolagen serta pengencangan kulit, metode ini cukup efektif dengan meminimalisir efek samping

10. Retinoid

Bekas jerawat atau bopeng dapat dihilangkan dengan retinoid, retinoid topical merupakan serum atau krim yang sudah banyak dijual bebas di pasaran, retinoid merupakan kelompok obat dengan struktur kandungan yang berhubungan dengan vitamin A, cara kerja obat ini adalah dengan menginisiasi pergantian sel sel kulit mati, dan merangsang pertumbuhan sel sel kulit baru, selain itu, retinoid juga dapat menangkal radikal bebas.


Kesimpulan

Menghilangkan bekas jerawat atau bopeng dari sisi medis patut anda perhitungkan, gambaran umum yang dapat disimpulkan dari treatment dan obat diatas adalah proses untuk menghilangkan bopeng di wajah adalah dengan cara merangsang pembentukan sel sel kulit baru sehingga kulit dapat normal kembali, dari beberapa treatment yang sudah dijabarkan, ada beberapa dimana alat maupun obatnya sudah dijual bebas dipasaran, walaupun anda mampu membelinya, tapi penulis sarankan sebelum anda memutuskan untuk membeli dan menggunakan alat atau obat tersebut diatas, konsultasikan lah terlebih dahulu dengan dokter, setidaknya untuk meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan, demikian semoga bermanfaat

Bottom Ad [Post Page]