Full width home advertisement

Manfaat Asam Jawa untuk Obati Jerawat
Image : Asam Jawa
Manfaat Asam Jawa untuk Obati Jerawat Asem, adalah sebutan yang sudah lekat diberikan kepada tanaman asam jawa, sudah sejak dulu digunakan sebagai obat alami, dari berbagai jenis penyakit kulit, mulai penyakit di saluran pencernaan, demam, batuk, luka, dan masih banyak lagi, selain sebagai obat, asem ini juga sangat popular dengan sayur asem nya. Asam jawa (Tamarindus indica) berasal dari afrika, ciri khas buahnya memiliki rasa yang masam, atau sering disebut juga Asem, dinamai sesuai dengan rasanya, daging buah pada tanaman ini memiliki kandungan zat asam diantaranya asam sitrat, malat, tatrat, asam asetat, dan suksinat.

Buah Asam Jawa sangat mudah ditemukan dilingkungan kita, dan apabila terpaksa harus membeli harganya juga sangat terjangkau, kalau untuk masyarakat pedesaan, mengkonsumsi buah ini banyak caranya, sebagai bumbu masakan, juga sebagai campuran dalam membuat jamu, salah satu jamu yang terkenal yaitu kunyit asam, yaitu campuran antara kunyit dan asam.

Selain buahnya, tanaman asam jawa dapat dimanfaatkan hampir diseluruh bagian tanaman, mulai dari daun yang masih muda dapat digunakan untuk mengobati luka, lalu biji buah asam ini dapat dijadikan tepung untuk mengobati diare dan disentri, dan kulit kayunya dapat mengobati bisul, borok, dan ruam dengan cara ditumbuk.

Mengapa asam jawa dapat digunakan untuk mengobati jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang banyak dialami oleh kaum remaja, bagi mereka, timbulnya jerawat sering mempengaruhi tingkat percaya diri, jerawat dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kebiasaan menggaruk kulit wajah dengan menggunakan kuku untuk mengambil komedo, konsumsi makanan yang dapat membuat produksi minyak berlebih, perubahan hormone, tingkat stress, dan bakteri.

Peran bakteri dalam proses tumbuhnya jerawat sangat besar, dan salah satu syarat bakteri dapat berkembang yaitu kadar keasaman, bakteri dapat tumbuh dengan baik dengan tingkat keasaman pH > 7 atau disebut Basa, sedangkan asam jawa, karena memiliki berbagai senyawa asam yang sudah penulis sebut diawal artikel diatas, memiliki kadar pH < 7 dan disebut Asam. Hal ini lah yang menyebabkan bakteri akan sulit atau bahkan tidak bisa berkembang karena lingkungan untuk tumbuh tidak ideal.

Cara mengobati Jerawat dengan asam jawa

Pertamakali buat lah sari buah asam jawa, caranya :
1. Ambil asam jawa secukupnya, kemudian bersihkan (Pilih yang matang).
2. Campurkan asam jawa dengan air matang secukupnya.
3. Gunakan tangan yang bersih untuk meremas remas asam tersebut sampai terpisah dari bijinya.
4. Jadi deh sari buah asam jawanya.

Setelah proses panjang membuat sari buah asamnya, lalu gunakan sari buah tersebut pada bagian wajah yang ada jerawatnya, tunggu sampai sekitar 15 menit, untuk waktu yang baik saat malam sebelum tidur, atau pagi hari sebelum mandi. Ulangi proses diatas sampai jerawat kempis dengan sendirinya. Sedikit catatan apabila anda memiliki tipe kulit yang sensitive, sebaiknya dalam menggunakan sari buah asam jawa ini agar menggunakan dosis rendah, atau sedikit saja dalam aplikasinya, hal ini untuk menghindari rasa perih akibat penggunaan asam jawanya, kalo untuk kulit normal biasanya tidak akan terasa sakit atau perih.

Manfaat lain asam jawa apabila dibuat masker

Selain untuk mengobati jerawat, sari buah asam jawa apabila dibuat masker memiliki manfaat diantaranya Menghaluskan dan mencerahkan Kulit wajah, Asam jawa dapat menghaluskan kulit wajah karena memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi dimana sangat membantu kerja kolagen yang membuat pembuluh darah yang membawa suplai oxygen dan nutrisi yang sangat dibutuhkan sel-sel kulit wajah di bawah kulit mengalir lancar.

Demikianlah Artikel manfaat asam jawa untuk obati jerawat ini, semoga dapat menambah informasi yang bermanfaat untuk anda, apabila ada sesuatu hal yang ingin disampaikan, bisa disampaikan di kolom komentar ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik

Bottom Ad [Post Page]