Full width home advertisement

Manfaat Pegagan untuk Kesehatan dan Kecantikan
Image : Pixabay
Bagi anda yang senang berpetualang di hutan atau daerah perkebunan, banyak kita lihat beraneka macam tanaman yang terkadang kita nggak tau namanya, udah nggak tau namanya, apalagi kita tau manfaatnya ya, atau sering kita di Tanya sama orang lain tentang tanaman yang bisa mengobati penyakit tertentu, baru deh kita putar otak dan berfikir kapan dan dimana pernah liat tanaman tersebut, ya nggak…??

Karena sangat banyaknya tanaman yang mudah tumbuh di tanah kita yang terkenal subur ini, kadang kita melewatkan saja tanaman yang sesungguhnya sangat baik untuk kesehatan kita, dari mencegah sampai mengobati semua nya sudah tersedia, hanya karena keterbatasan kita akan pengetahuan lah kita mengabaikan kehadiran manfaat dari tanaman yang banyak tumbuh disekitar kita.

Pemanfaatan tumbuhan sebagai tanaman obat untuk mengobati berbagai penyakit telah dilakukan oleh masyarakat sejak lama, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :
  1. Harga obat yang relatif mahal dipasaran, sehingga mencari alternatif pengobatan
  2. Efek samping yang ditimbulkan relatif sangat kecil bahkan hampir tidak ada.
  3. Kandungan unsur kimia yang terkandung dalam tanaman tradisional yang menjadi dasar dalam obat modern.
Salah satu tanaman yang mudah ditemukan dan dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah Pegagan.

Apa itu Pegagan

Centella asiatica adalah nama latin untuk tanaman ini, di berbagai daerah di Indonesia, Pegagan memiliki nama lain yaitu antanan (sunda), daun kaki kuda, peugaga di daerah aceh, di bali di sebut piduh atau taidah, pagaga (Makassar), tungke (Bugis), kori-kori (Halmahera), dan kolotidi manora (Ternate). Tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh pada areal persawahan, kebun, pinggiran sungai, Pegagan cenderung memiliki rasa pahit saat dikonsumsi, sekalipun terasa pahit, tanaman ini juga menjadi lalapan yang nikmat ketika dikonsumsi. Bahkan dalam beberapa studi yang dilakukan di luar negeri, pegagan dimasukkan kedalam kategori Brain Food, lebih simpelnya yaitu salah satu nutrisi yang baik untuk perkembangan otak, luar biasa ya.


Baca juga : Manfaat Verile Acne Blemish Cream untuk Perawatan Bekas Jerawat

Deskripsi Pegagan

Pegagan memiliki struktur anatomi tanaman tidak berbatang, tumbuh menahun, mempunyai rimpang pendek dan stolon-stolon yang merayap dan menjalar, memiliki panjang 10-80 cm. Akar akan keluar dari setiap buku-buku, banyak percabangan yang membentuk tunas baru.

Memiliki Daun tunggal, bertangkai panjang, dan terdiri atas 2-10 helai daun. setiap helai daun memiliki bentuk seperti ginjal, tepi bergerigi dan agak berambut. Bunga tersusun dalam karangan berupa payung, munculnya bunga bisa tunggal atau 3-5 bunga bersamaan keluar dari ketiak daun

Kandungan Pegagan

Pegagan telah lama digunakan sebagai obat herbal, hal ini karena terdapat banyak kandungan zat aktif pada tanaman ini, banyak penelitian yang sudah terpublikasi menyimpulkan bahwa pegagan memiliki kandungan bahan aktif alkaloid, saponin, tanin, flavonoid, steroid, dan triterpenoid. Bioaktif dengan golongan triterpenoid, steroid, dan saponin termasuk antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita lho.

Pegagan mengandung beberapa senyawa bioaktif seperti asiatikosida berupa glikosida, yang banyak digunakan dalam ramuan obat tradisional atau jamu, baik dalam bentuk ramuan maupun sebagai bahan tunggal. Asiatikosida berkhasiat meningkatkan vitalitas dan daya ingat serta mengatasi pikun yang berkaitan erat dengan asam nukleat.


Baca juga : 3 resiko memencet komedo

Manfaat dan Khasiat Pegagan

Manfaat dan khasiat utama pegagan ialah meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan, antara lain:
  • Sebagai antilepra.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Menurunkan gejala depresi.
  • mencegah varises, dan memperlancar air seni.
  • Mengatasi gangguan pencernaan dan membersihkan darah.
  • Mengatasi wasir dan konstipasi.
  • Menyembuhkan flu dan sinusitis.
  • Mengatasi TBS, gigitan ular, dan bisul.
  • Meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan konsentrasi.
  • Membangkitkan fungsi sistem saraf pada otak.
  • Membantu penyembuhan penyakit TBC.
  • Menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan.
  • Memberikan efek menenangkan, sebagai anticemas dan antistres.
  • Memperbaiki sel kulit mati.
  • merangsang pertumbuhan kuku, rambut, dan jaringan ikat.
  • Menghilangkan rasa nyeri pada persendian.
  • Melancarkan peredaran darah.
  • Mengobati wasir.

Pengolahan Pegagan

Selain dikonsumsi secara langsung dalam bentuk sayuran hijau, Pegagan sebagai bahan makanan dan juga obat herbal dapat di konsumsi dalam berbagai cara, kemajuan zaman dan begitu banyaknya manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi pegagan, membuat tanaman ini tersedia dalam berbagai macam olahan, yaitu :
1. Teh pegagan
2. Keripik daun pegagan
3. Ekstrak dalam bentuk kapsul daun pegagan
4. Lulur dan masker

Manfaat pegagan untuk kecantikan

Pegagan dalam dunia kecantikan memiliki peran yang sangat penting, dalam bentuk ekstrak yang memiliki nama Centella Asiatica, ekstrak Pegagan banyak dicantumkan dalam komposisi kemasan oleh berbagai merk dan produk kecantikan dan perawatan kulit wajah, mengobati jerawat, komedo, skincare, pelembab, pemutih wajah baik untuk produk dalam dan luar negeri.


Baca juga : Manfaat Bioplacenton Gel untuk Mengobati Jerawat Diwajah


Centella Asiatica banyak digunakan untuk produk kecantikan karena kandungan bahan aktif seperti senyawa glikosida madekosida yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, Kandungan triterpenoid yang efektif dalam meningkatkan kadar anti oksidan dan mempercepat  penyembuhan  luka,  pada wajah misalnya bekas jerawat, memudarkan bekas jerawat hitam.

Asiaticoside dan madecassoside pada tanaman pegagan mampu meningkatkan kadar kolagen di kulit, sehingga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, mempercepat proses penyembuhan kulit yang terluka sekaligus memudarkan bekasnya.

Kesimpulan

Pegagan atau Centella Asiatica banyak tumbuh disekitar kita, manfaatnya sudah sejak dahulu digunakan sebagai bahan makanan maupun sebagai obat herbal, kandungan bahan aktif yang terdapat pada pegagan secara klinis mampu mengobati berbagai macam penyakit, hingga penggunaan bahan aktif yang banyak terdapat dalam berbagai produk kecantikan, jika anda sudah mengetahui manfaat pegagan untuk kesehatan, jika memang tanaman ini mudah anda dapatkan, tak ada salahnya untuk mulai mengkonsumsi sebagai pencegahan terhadap penyakit dan supaya tetap sehat.

Apabila artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan ragu untuk membagikan supaya orang orang terdekat anda juga mendapat informasi tentang manfaat tanaman pegagan untuk kesehatan dan kecantikan, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik

Bottom Ad [Post Page]