Full width home advertisement

Tertarik untuk mencoba beauty product yang disarankan teman atau kenalan yang work untuk mereka, tapi belum tau cocok atau tidaknya ketika anda yang memakainya.

Salah satu faktor yang sangat menentukan cocok dan tidaknya suatu produk kecantikan yang anda pakai adalah jenis kulit anda. anda mungkin pernah bertanya kepada teman anda tentang satu produk kecantikan yang dia pakai, lalu anda coba produk yang sama, dan ternyata tidak cocok dengan kulit anda, disinilah peran jenis kulit dalam pemakaian suatu produk cocok atau tidak untuk anda pakai.

Mengetahui jenis kulit penting untuk anda agar dapat memilih metode dan cara, dan pemilihan produk produk kecantikan untuk merawat kulit dengan tepat. jika anda sudah mengetahui jenis kulit anda sendiri, anda akan mengetahui produk dan perawatan seperti apa yang bisa dipakai untuk merawat wajah.

Jenis kulit pada seseorang juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, yang artinya, jenis kulit bisa berubah ubah sesuai dengan kondisi pada seseorang. jenis kulit dapat berubah dipengaruhi oleh produk kecantikan yang anda pakai.

Faktor yang mempengaruhi jenis kulit diantaranya :

  1. Kandungan air
  2. Kandungan minyak
  3. Kepekaan kulit
  4. Usia
  5. Genetik
  6. Penyakit yang di derita

Pada umumnya masalah jenis kulit akan sangat diperhatikan ketika akan melakukan perawatan wajah, karena wajah merupakan fokus utama yang sangat mendukung penampilan kita, ditambah sangat beragam nya beauty produk dipasaran yang bisa membuat kita bingung dalam memilih mana yang akan digunakan dan apakah cocok dengan kulit wajah.

Secara umum jenis kulit wajah dibagi kedalam 5 jenis, yaitu :

1. Kulit kering


Kulit kering atau xerosis cutis didefinisikan sebagai gambaran hilangnya atau berkurangnya kadar kelembapan pada lapisan tanduk. Tingkat kekeringan pada kulit kering dipengaruhi oleh faktor dari luar dan dalam. Kulit kering biasanya disebabkan oleh kelenjar minyak yang tidak bisa memproduksi minyak dengan cukup sehingga kulit akan kehilangan kelembapannya. Kurangnya asupan vitamin juga menyebabkan kulit kering.

Pelembap secara umum digunakan untuk meringankan kulit kering. Banyak pelembap menggunakan bahan sintetik untuk menjaga kelembapan kulit sedangkan bahan sintetik ini memiliki efek samping dalam pemakaian jangka panjang. Lapisan ini sangat mudah kita lihat karena tampak pada telapak tangan dan kaki.

Berikut ciri-ciri kulit kering.

  • Permukaan terasa kering dan kasar, gampang terlihat kusam.
  • Rendahnya tingkat produksi minyak.
  • Mudah terkelupas dan kaku apalagi dalam cuaca yang dingin.
  • Mudah timbulnya flek hitam, keriput dan garis-garis halus.


2. Kulit berminyak


Kulit wajah berminyak bertekstur lengket karena banyak mengeluarkan minyak. Factor penyebabnya bisa karena genetik, makanan dan lingkungan. faktor makanan masih bisa disesuaikan apabila anda ingin kondisi kulit tidak berminyak dengan cara banyak mengkonsumsi sayur dan buah dan banyak konsumsi air putih, hindari makanan berlemak. faktor lingkungan juga dapat disesuaikan dengan cara rajin membersihkan wajah dan gunakan masker untuk menghindari kotoran menempel pada wajah.

Berikut ciri-ciri kulit berminyak.

  • Pori-pori nampak besar besar.
  • Wajah terlihat kusam.
  • Mudah berjerawat dan komedo.
  • Wajah nampak berkilap


3. Kulit normal


Kulit wajah yang normal akan tampak bersinar dari dalam yang mengindikasikan peredaran darah yang bagus. Kulit wajah normal biasanya tampak mulus dan tidak memiliki pori – pori besar. Produksi minyak atau sebum pada kulit wajah yang normal, juga kelembaban dan kandungan keratin di kulit seimbang dengan baik. Kulit wajah yang normal seringnya tidak mengalami banyak hambatan ketika menggunakan produk apapun atau yang mengandung zat tertentu sehingga tidak menampakkan ciri – ciri kulit sensitif atau ciri – ciri kulit wajah sensitif. Ciri – ciri kulit normal berikutnya adalah tidak terlalu kering atau berminyak. Kulit akan tampak merona alami, teksturnya lembut, dan elastisitasnya baik. Tidak terlihat adanya noda yang tampak jelas, area yang mengelupas atau berminyak di kulit wajah.

Ciri ciri kulit normal

  • Kulit tampak berseri
  • Pori – pori tampak normal
  • Tidak mudah mengalami jerawat
  • Tidak terasa sensitif
  • Tidak terlalu berminyak atau kering'

4. Kulit sensitif


Pemilik kulit sensitif diharapkan harus lebih jeli dan sangat berhati hati dalam memilih produk kecantikan yang akan digunakan dalam perawatan kulit atau wajah.

Karena ada beberapa bahan kimia yang apabila di pakai untuk kulit sensitif dapat menimbulkan peradangan dan timbulnya jerawat. paparan debu, polusi dan kotoran yang menempel pada kulit sensitif dapat berbahaya bagi kulit sensitif.

Ciri ciri kulit sensitif

  • Beruntusan
  • Sering gatal
  • Berwarna kemerahan
  • Sering ruam dan terlihat memar
  • Perih dan seperti terbakar


5. Kulit kombinasi


Dari beberapa penelitian, jenis kulit kombinasi merupakan jenis kulit yang umum dan banyak dimiliki setiap orang, tipe kulit kombinasi merupakan campuran dari jenis kulit kering dan jenis kulit berminyak, kulit kombinasi dapat ketahui melalui T zone, dari area hidung sampai area dahi.

Ciri ciri kulit kombinasi :

  • Kulit berminyak dan kering
  • Pori pori wajah terlihat besar terutama pada bagian hidung
  • Bermasalah dengan jerawat dan komedo
  • Wajah mengkilap


Mengetahui jenis kulit wajah merupakan modal dasar yang harus kita ketahui terlebih dahulu. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan mulus kita harus menggunakan produk perawatan yang  sesuai dengan jenis kulit wajah. artikel ini sebatas informasi, untuk detail lengkap tentang apa jenis kulit anda, berkonsultasi lah dengan dokter untuk mendapat informasi terbaik, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik

Bottom Ad [Post Page]