Full width home advertisement

manfaat cabe jamu
Image : Cabe Jamu

Manfaat Cabe Jamu

Cabe jamu, nama yang diberikan untuk tanaman yang menyerupai cabai, tapi sama sekali tidak ada hubungan kekerabatan dengan cabai, nama cabe jamu diberikan lebih karena rasanya yang pedas, dan bentuk buahnya pun mirip.

Padahal tanaman cabe jamu ini masih berkerabat dengan lada, merica dan kemukus, cabe jamu memiliki nama lain cabe jawa, cabe alas, memiliki nama latin Piper retrofractum vahl, kalo orang bule nyebut cabe jamu ini dengan sebutan long pepper, cabe jamu masuk dalam kategori tanaman rempah yang memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Cabe jamu masuk dalam kategori tanaman obat, hal ini diperkuat oleh organisasi kesehatan dunia. Cabe jamu sangat mudah untuk dibudidayakan, dan di tempat tinggal saya, untuk menemukan cabe jamu dalam keadaan segar tidaklah sulit, karena banyak ditanam di halaman pekarangan rumah.

Cabe jamu memiliki manfaat utama dari buahnya, yang banyak digunakan dalam pembuatan jamu, di Negara kita, jamu sudah menjadi minuman yang sudah sangat akrab untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan selalu sehat.

Selain digunakan sebagai bahan jamu, cabe jamu bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit seperti :
1. Darah rendah
2. Flu / Influenza
3. Cholera
4. Sakit kepala
5. Bronchitis
6. Sesak nafas
7. Gangguan pencernaan
8. Sakit gigi
9. Demam
10. Masuk angin
11. Rematik

Manfaat cabe jamu untuk vitalitas pria

Selain bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai penyakit, cabe jamu juga sudah dikenal sejak lama berkhasiat dalam pengobatan lemah syahwat (aprodisiak), hingga menambah vitalitas pria.

Hal ini disebabkan oleh kandungan yang terdapat dalam cabe jamu, diantaranya asam amino bebas, damar, minyak atsiri, beberapa jenis alkaloid seperti piperine, piperidin, piperatin, piperlonguminine, β-sitosterol, sylvatine, guineensine, piperlongumine, filfiline, sitosterol, methyl piperate, minyak atsiri (terpenoid), n-oktanol, linalool, terpinil asetat, sitronelil asetat, sitral, alkaloid, saponin, polifenol, dan resin (kavisin).

Manfaat cabe jamu untuk menambah vitalitas pria disebabkan oleh buah dari tanaman ini memiliki sifat androgenik,dikutip dari Wikipedia, androgenik merupakan istilah yang digunakan untuk hormon steroid yang merangsang atau mengontrol perkembangan dan pemeliharaan karakteristik laki-laki dengan mengikat reseptor androgen yang juga merupakan pendukung aktivitas organ seks pria dan pertumbuhan karakteristik seks sekunder laki-laki, dan hormon testosterone adalah androgen utama pada pria.

Cabe jawa merupakan salah satu tanaman yang diketahui memiliki efek stimulan terhadap sel-sel syaraf sehingga mampu meningkatkan stamina tubuh. Efek hormonal dari tanaman ini dikenal sebagai afrodisiaka (lemah syahwat).

Cabe jawa digunakan sebagai afrodisiaka karena mempunyai efek androgenik, untuk anabolik, dan sebagai antivirus. Bagian yang dimanfaatkan sebagai afrodisiaka adalah buahnya dan diduga senyawa aktif yang berkhasiat afrodisiaka di dalam buahnya adalah senyawa piperine.

Kandungan kimia atau senyawa kimia yang berperan sebagai afrodisiaka adalah turunan steroid, saponin, alkaloid, tannin dan senyawa lain yang dapat melancarkan peredaran darah.

Dalam berbagai penelitian, cabe jawa dapat meningkatkan libido atau sexual intercourse para pria, dan hal ini sudah dipertegas oleh kebiasaan masyakarat kita dalam mengkonsumsi jamu sebagai alternatif obat kuat.

Dalam jamu kuat, untuk meningkatkan gairah seksual dan supaya terhindar dari ejakulasi dini saat berhubungan intim, cabe jamu memiliki takaran paling banyak jumlahnya.

Untuk meningkatkan libido atau gairah seks dan supaya tahan lama saat berhubungan intim, cabe jamu bisa anda konsumsi dengan bahan alami yang lain, supaya lebih bersinergi dalam mengambil manfaatnya, tentu nya biasa kita sebut dengan jamu.

Cabe jamu juga sekarang ini sudah masuk dalam industri obat, tak jarang kita melihat banyak produk obat mencantumkan ekstrak dari buah cabe jamu ini, dan tentu aman jika kita konsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik

Bottom Ad [Post Page]