Full width home advertisement

bekas jerawat, flek hitam, cara menghilangkan bekas jerawat, cara menghilangkan flek hitam, cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat, cara mudah menghilangkan bekas jerawat, cara mudah menghilangkan flek hitam bekas jerawat,
Bekas jerawat dan flek hitam (foto:toniqueskincare.com)
Jerawat yang menghiasi wajah memang sering dialami mereka yang masih remaja, namun semua orang pasti pernah memiliki jerawat diwajahnya, karena banyaknya faktor yang bisa memicu jerawat untuk muncul, apalagi dengan iklim tropis di negara kita, cuaca yang panas dan suhu yang lembab merupakan syarat yang sangat cocok agar bakteri penyebab jerawat sangat mudah berkembang biak dikulit wajah.

Jerawat memang bukan termasauk dalam kategori penyakit kronis, namun akan sangat berpengaruh dalam penampilan seseorang, buat sebagian besar kaum wanita, jerawat merupakan musuh besar yang enggak boleh muncul diwajah, ya nggak ???

Akan tetapi, bagaimana jika jerawat tersebut nekat muncul dan menghiasi wajah kita, bagi yang udah berpengalaman ya biasa nya dibiarkan hingga jerawat matang dan pecah sendiri, karena memang ini yang disarankan, tapi bagi yang nggak tau dan tangan udah gemes pingin mencet, maka jerawat yang belum matang akan dikeluarkan paksa sehingga akan terjadi peradangan pada titik dimana jerawat itu dipencet.

Memencet Jerawat yang belum matang akan memiliki beberapa resiko, yaitu :


2. Pendarahan
3. Iritasi
4. Meninggalkan bekas luka / bopeng
5. Muncul jerawat yang lebih parah

Nah, poin poin diatas merupakan resiko yang harus ditanggung ya apabila kita memutuskan untuk memencet jerawat, dari semua resiko diatas, masalah bekas luka kadang menimbulkan masalah baru, karena nggak cuma bekas luka, namun bekas luka yang berwarna hitam (Flek Hitam ) juga susah untuk dihilangkan.

Flek hitam yang disebabkan oleh bekas jerawat akibat dipencet akan menjadi masalah baru dalam perawatan wajah, karena untuk menghilangkan bintik bintik hitam pada wajah membutuhkan waktu yang lama dan harus benar benar sabar, meskipun ada yang menuliskan cara menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat hanya dalam satu malam, namun jika dilihat dari logika sepertinya kurang pas.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dan Flek Hitam


Dalam mengatasi bekas jerawat dan flek hitam agar hilangdari wajah, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sendiri dirumah, karena semuanya memakai bahan alami yang tentunya juga tidak membutuhkan biaya yang banyak ya :

1. Cara Mengatasi Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan Lemon

https://www.titis.id/
Cara Mengatasi Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan Lemon (Foto : Fenglish.newstracklive.com)
Lemon memang memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam, buah ini juga sangat mudah ditemukan di pasaran, dan dapat anda jadikan alternatif dalam menangani flek hitam akibat bekas jerawat, cara nya pun sangat mudah :

- Siapkan satu buah lemon yang masih segar, potong jadi dua bagian lalu Peras buah lemon itu serta berikan sedikit air
- usahakan gunakan cotton bud lalu oleskan air lemon di bagian bekas jerawat atau flek hitam dengan merata
- Tunggu hingga perasan lemon itu menyerap pada kulit lalu bersihkan muka
- disarankan saat aplikasi bahan ini pada malam hari.

Air lemon dapat membuat kulit jadi sensitif, sehingga lebih baik memakai  tabir surya bila beraktifitas di bawah sinar matahari. Manfaat dari air lemon salah satunya mampu mengangkat sel sel kulit mati dan mempercepat terbentuknya sel kulit yang baru, namun anda harus teratur dalam menggunakan air jerok lemon ini agar mendapat manfaatnya.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan Perasan Jeruk Nipis

Bekas Jerawat Dan Flek Hitam, Cara Mengatasi Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan Jeruk nipis,
Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan jeruk nipis (Sumber : stylecraze.com)
Selain lemon bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah. Air perasan jeruk nipis juga bisa dipakai mengobati noda hitam bekas jerawat. Karena air perasan jeruk nipis dapat merangsang perkembangan sel kulit baru dan menyamarkan noda flek hitam namun bertahap.
Langkahnya adalah memeras jeruk nipis lalu campur dengan air satu sendok makan, lalu usapkan di wajah hanya yang terdapat flek hitam dan bekas jerawat. Tunggu hingga mengering lalu bersihkan dengan air.

Selain memakai jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat dengan mengoleskannya, kamu juga bisa memakai perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat. Bersihkan wajah dengan memakai perasan air jeruk nipis teratur setiap malam sebelum tidur. Caranya hampir sama yaitu cukup oleskan hanya pada bagian wajah yang terdapat jerawat, tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih.
Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat yaitu, hindari pemakaian jeruk nipis pada luka bekas jerawat yang masih basah/berdarah, ini bisa mengakibatkan luka yang masih basah akan melebar, gunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat yang sudah kering.

Selain sebagai penghilang bekas jerawat dan flek hitam, manfaat lain dalam menggunakan air jeruk nipis pada wajah yaitu kulit terlihat lebih cerah, lebih kencang, dapat menyamarkan kerutan halus di wajah, komedo hilang dan membuat wajah lebih lembut.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan Gel Lidah Buaya

Cara Mengatasi Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan lidah buaya
Cara Mengatasi Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan lidah buaya (sumber : beyoungaholic.com)
Lidah buaya merupakan tumbuhan yang kaya manfaat untuk kecantikan, sehingga tak heran banyak yang memanfaatkan lidah buaya ini sebagai kandungan utama untuk produk kecantikan,salah satu  manfaat dari lidah buaya antaranya dapat membantu menghilangkan flek hitam bekas jerawat pada waja.

Langkah langkah dalam mengaplikasikan gel lidah buaya untukmengatasi flek hitam akibat bekas jerawat pun sangat mudah.

– siapkan daun lidah buaya secukupnya, Bersihkan
– Potong serta ambillah gel dari lidah buaya ini dengan hati-hati.
– Oleskan gel lidah buaya itu di wajah yang terdapat bekas jerawat dan flek hitam.
– Biarlah hingga 15 – 20 menit hingga gel dari lidah buaya ini meresap sempurna
– Bilas dengan air bersih

Ulangi secara teratur untuk memperoleh manfaat lidah buaya untuk menyingkirkan flek hitam bekas jerawat, dengan catatan hati-hati karena getah lidah buaya dapat mengakibatkan gatal-gatal pada kulit.

4. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan flek hitam dengan Madu

Cara Mengatasi Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan madu
Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan madu (foto : centovininyc.com )
Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat digunakan untuk menyingkirkan flek hitam akibat jerawat. Madu memiliki kandungan mineral diantaranya yaitu kalium, magnesium, fosfor, besi, serta aluminium. Sedangkan vitamin yang terdapat dalam madu diantaranya vitamin B1, B2 serta B6, Vitamin C, vitamin K, serta asam folat.

Cara menggunakan madu menghilangkan noda atau flek hitam bekas jerawat cukup sederhana, yaitu cukup oleskan madu di bagian wajah yang mempunyai noda hitam bekas jerawat  sebelum tidur, tunggu hingga 20 - 30 menit hingga madu meresap kedalam kulit, setelah kering  segera bilas menggunakan air bersih. Gunakan madu asli saat aplikasi, karena jika madu yang gunakan bercampur gula, maka bisa jadi anda akan merasa nggak nyaman karena akan ada banyak semut yang menyerang wajah anda.

Lakukan secara teratur satu minggu sekali, mudah mudahan flek hitam akibat bekas jerawat dapat memudar dan hilang dari wajah kamu.

5. Menyingkirkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan Buah Tomat


Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan tomat (sumber : stylecraze.com)
Tomat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kandungan vitamin A serta C yang diperlukan oleh tubuh. Manfaat buah tomat bisa juga digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Tomat memiliki kandungan asam alami yang dapat memudarkan flek hitam akibat jerawat, dan menghaluskan kulit. Selain dioleskan pada wajah, tomat juga dapat langsung dikonsumsi, tingginya kandungan vitamin pada tomatakan membantu  menghilangkan flek hitambekas jerawat dengan cara merangsang pembenrukan sel sel kulit baru serta mengangkat sel kulit mati, juga mencegah pori pori membesar.

Untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan buah tomat berikut langkah-langkahnya :

-Ambillah buah tomat segar  1 atau 2 buah.
-Potong buah tomat menjadi bulat.
-Tempelkan/letakkan potongan-potongan tomat itu ke wajah, utamakan pada bagian wajah yang terdepat flek hitam.
-Diamkan sepanjang 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Agar mendapat hasil maksimal ulangi pemakaian dengan durasi tiga kali dalam seminggu.

6. Cara Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam Dengan Mentimun

Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan mentimun
Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan mentimun (sumber : getinspiredeveryday.com)

Flek hitam bekas jerawat bisa juga kita hilangkan dengan mentimun. siapkan satu buah mentimun segar, lalu haluskan dengan memakai blender atau diparut. setelah halus lalu olekan di wajah dan diamkan setidaknya 30 menit. Lalu bersihkan wajah dengan memakai air dingin. Selain langkah di atas, kulit mentimun juga bisa digunakan sebagai masker.

7. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan Bawang Putih

Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan bawang putih
Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan bawang putih (sumber : healthline.com )
Salah satu manfaat bawang putih yaitu mampu menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang sudah cukup lama membekas. Senyawa thiacremonon sulfur pada bawang putih bagus untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah.  Bawang putih telah lama di gunakan untuk bekas  luka akibat terbakar serta masalah kulit yang lain.

 Berikut cara yang dilakukan untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah dengan bawang putih.

– sipakan beberapa siung bawang putih, kupas lalu bersihkan
– Haluskan bawang putih, blender atau di tumbuk
– Campur cuka sari apel, lalu aduk hingga merata
– Oleskan campuran itu di wajah yang terdapat flek, ratakan
– Diamkan hingga bahan meresap
– Bilas dengan memakai air hangat hingga bersih

8. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan Campuran Madu dan Alpukat

Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan madu dan alpukat
Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan madu dan alpukat (sumber : wellandgood.com)
Madu dan alpukat, Kedua bahan bermanfaat menangani  masalah kulit, diantaranya bisa membantu untuk menyingkirkan flek hitam bekas jerawat yang membandel di wajah, manfaat kombinasi dari dua bahan ini terkenal ampuh dalam menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat, dengan membuatnya menjadi masker, kulit akan menyerap nutrisi yang cukup banyak sehingga akan mempercepat regenerasi sel sel kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Gunakan masker madu dan alpukat 2 – 3 kali dalam satu minggu untuk mendapat hasil maksimal, selain itu kamu dapat menambahkan perasan air lemon untuk hasil yang lebih baik untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

9. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan Putih Telur

Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan putih telur
Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan putih telur (sumber : medicalnewstoday.com)
Perawatan wajah dengan menggunakan putih telur sudah tidak asing bagi mereka yang peduli dengan penampilan, masker putih telur digunakan untuk membantu masalah yang muncul diwajah seperti jerawat, wajah kusam, kulit berminyak dan menghilangkan bekas jerawat berupa flek hitam.

Cara membuat masker untuk perawatan bekas jerawat dan flek hitam juga sangat mudah, syaratnya telur yang digunakan adalah telur ayam kampung ya, bagian yang digunakan juga hanya putih telurnya saja, kuning telur nya bisa digoreng. Putih telur yang sudah terpisah lalu campurkan dengan perasan air jeruk nipis. Lalu oleskan pada area yang terdapat flek hitam, selain dapat menghilangkan noda jerawat, pemakaian masker putih telur dan jeruk nipis dapat membuat kulit wajah menjadi bersih, halus dan kencang


10. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan Pepaya

Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan pepaya
Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan pepaya (sumber : femina.in)
Buah Pepaya memiliki kandungan papain, enzim yang mampu mengeksfoliasi kulit, mendorong regenerasi sel - sel kulit baru, hingga kulit terlihat lebih segar. Papain juga menghalangi tirosinase enzim, yakni sel kulit penghasil pigmen yang menghasilkan melanin. Pepaya hijau/mentah memiliki kandungan papain lebih tinggi dari pada yang masak. Kamu bisa memilih menggunakan papaya yang masih muda atau yang sudah matang, untuk papaya muda saat aplikasi, aka nada sensasi sedikit menyengat saat menempel pada kulit wajah.

Caranya dengan melembutkan pepaya hingga menjadi bubur, bisa menggunakan parut, lalu gosokkan pada daerah yang terdapat  flek hitam pada kulit wajah. Bisa juga dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

11. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan Kentang

Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan kentang
Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan kentang (sumber : stylesatlife.com)
Kentang adalah umbi yang cukup mudah didapatkan. Sehingga kamu bisa dengan mudah menggunakan kentang sebagai bahan untuk membersihkan wajah dari bekas jerawat dan flek hitam. Kentang kaya akan kandungan  vitamin dan mineral, asam lemak esensial serta beragam fitokimia seperti karotenoid serta polifenol. Tingginya kandungan seperti Vitamin C, B kompleks, dan mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor serta seng, kentang bisa merangsang kolagen serta elastin sintesis.

Jus kentang merupakan salah satu solusi untuk mengatasi bintik hitam di kulit, vitamin C memiliki peran untuk mengangkat sel kulit mati yang akan mengurangi atau menyamarkan bintik hitam di wajah.
Caranya cukup sediakan 2-3 buah kentang. Parut kentang dan beri sedikit air. Lalu peras dengan saringan bersih. Campur dengan air jeruk nipis dan 1/2 sendok madu. lalu gosokkan di area yang terdapat flek hitam di wajah. Diamkan sekitar 20 menit lalu bersihkan.

Jus Kentang dengan campuran mentimun dan tomat akan bekerja sangat efektif dalam mengatasi masalah flek hitam akibat bekas jerawat, campurkan ketiga bahan tersebut hingga mirip pasta, lalu oleskan dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih, lakukan cara ini malam hari sebelum tidur supaya kulit bekerja dengan mengangkat sel kulit mati dan kulit akan beregenerasi.

12. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan Kunyit

Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan kunyit
Cara mengatasi bekas jerawat dan flek hitam dengan kunyit (sumber : maskerwajahalami.id)
Kunyit adalah umbi yang bermanfaat untuk pencerah kulit, dapat juga dipakai untuk melenyapkan bintik hitam di wajah. Kunyit juga efektif digunakan sebagai masker untuk mencegah penuaan dini. Kamu bisa membeli kunyit bubuk yang dijual, supaya lebih praktis, lalu ikuti langkah dibawah ini :

– Buat pasta dengan campuran kunyit, susu serta juice lemon.
– Oleskan pada bagian yang terdapat bintik-bintik atau flek hitam.
– Diamkan sekitar 30 menit lalu basuh dengan air hangat.
– Pasta bisa juga terdiri dari bahan kunyit, madu serta minyak zaitun.
– Ulangi dengan teratur sampai flek hitam berkurang.


13. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Dengan Cuka Apel dan madu

Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam dengan cuka apel dan madu
Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam dengan cuka apel dan madu 
Cuka sari apel dikenal dapat memudarkan bintik-bintik dengan lebih cepat. Cuka apel memiliki manfaat lain dapat mengembalikan warna kulit. Aplikasi pada wajah juga sangat gampang yaitu :

– Campur cuka sari apel dengan air dengan jumlah yang sama lalu tambahkan madu.
– oleskan pada area yang terdapat  bintik-bintik atau flek hitam
– Tunggu 2-3 menit, lalu bersihkan dengan air bersih, gunakan tissue kering untuk menyeka sisa air
– ulangi langkah tersebut sehari sekali saat malam hari sebelum tidur.

Kesimpulan 


Demikian 13 cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang bisa anda pilih, tentunya dengan menyesuaikan bahan bahan yang sangat mudah ditemukan didapur kamu ya, sekalipun menggunakan bahan bahan alami yang tentunya sangat minim akan timbul efek samping, namun ada saja efek samping yang ditimbulkan dari bahan bahan diatas, tentu jenis dan tipe kulit wajah kamu berperan dalam timbulnya efek samping tersebut.

Bijak dalam memilih bahan dan menyesuaikan dengan jenis kulit kamu tentunya akan mendapatkan manfaat yang optimal dalam membantu mengatasi masalah flek hitam dan bekas jerawat yang ingin kamu hilangkan di wajah agar memiliki penampilan yang sempurna, semoga tulisan ini bermanfaat ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik

Bottom Ad [Post Page]