Full width home advertisement


Apa itu Masker, Manfaat dan Khasiat, Bahan, Waktu Pemakaian dan Efek Samping
Masker wajah

Masker itu Apa ???

Dalam dunia kecantikan khususnya perawatan wajah, masker pasti udah dikenal banget oleh kaum hawa, tapi definisi masker itu sebenarnya apa sih, mengutip dari Situs KBBI, definisi masker adalah :

masker/mas·ker/ n 1 alat untuk menutup muka; topeng; 2 kain penutup mulut dan hidung (seperti yang dipakai oleh dokter, perawat di rumah sakit); topeng: -- yang menutup mulutnya bertali ke telinga;
-- gas penutup muka yang dipakai untuk melindungi muka dan paru-paru terhadap gas beracun;
-- kecantikan sediaan yang berwu-jud cairan (atau bahan lunak) yang dioleskan untuk membersihkan dan mengencangkan kulit, terutama kulit wajah

Sumber : https://kbbi.web.id/masker

Nah, setelah mengutip dari sumber resmi, jika masih ada yang bertanya masker itu apa ???

Jawabannya relatif aja si, dan gak harus jawaban mana yang paling benar, kalo menurut penulis, pengertian masker adalah satu bahan atau lebih yang kemudian dicampurkan dengan bahan bahan lain yang digunakan pada bagian tubuh tertentu pada waktu tertentu, untuk mendapatkan manfaat langsung dari bahan dalam campuran tersebut dalam rentang waktu tertentu.

Masker dalam penggunaannya banyak sekali digunakan pada bagian wajah, ini dilakukan agar wajah mendapat atau menyerap langsung nutrisi atau kandungan yang terdapat pada masker.

Karena penggunaanya yang sering pada bagian wajah, maka muncullah masker wajah, masker wajah terdiri dari berbagai macam jenis dan manfaat serta memiliki khasiat tersendiri tergantung dari bahan bahan yang digunakan sebagai masker. mengutip dari jurnal.unpad.ac.id/farmaka, Masker wajah merupakan kosmetik perawatan kecantikan yang sangat popular untuk meningkatkan kualitas kulit.


Manfaat dan Khasiat Masker.


Maskeran lazim dilakukan oleh para wanita, dikarenakan mereka ingin mendapat manfaat dan khasiat langsung dari masker tersebut, berikut manfaat dan khasiat masker wajah :


1.  Manfaat masker untuk wajah

Karena wajah adalah bagian tubuh yang pertama kali dilihat saat kita bersosialisasi, maka wajah harus terlihat bersih mulus, lembab, segar, dan lembut. untuk mendapatkan kriteria seperti itu akan sangat sulit, penggunaan masker wajah dapat membantu kulit wajah mendapatkan asupan nutrisi seperti vitamin dan mineral, serta kandungan lain yang dibutuhkan kulit, sehingga kulit akan tetap sehat dan bekerja maksimal yang akan membuat wajah tampil sempurna.

2.  Manfaat masker untuk mencegah penuaan dini

Usia adalah sesuatu yang tidak bisa dilawan, namun efek dari penuaan dapat dicegah, penggunaan masker untuk mencegah kulit dari efek penuaan dini diantaranya menghilangkan kerutan atau garis garis halus pada bagian wajah, masker wajah untuk mencegah penuaan dini semestinya menggunakan bahan bahan yang mengandung vitamin dan mineral serta nutrisi lain yang akan membantu pertumbuhan kolagen juga mampu melawan radikal bebas.

4.  Manfaat masker untuk menghilangkan komedo


Komedo merupakan salah satu masalah yang banyak dialami oleh banyak orang, terkadang komedo akan sangat bandel dan susah dihilangkan, ini disebabkan karena kotoran yang terdapat pada pori pori wajah, dengan menggunakan bahan bahan yang disatukan dalam bentuk masker, komedo akan lebih mudah dihilangkan.

5.  Manfaat masker untuk mengobati kulit wajah berjerawat

jerawat merupakan masalah kulit yang cukup kompleks, meskipun bukan penyakit kronis, namun akan berpengaruh pada rasa percaya diri seseorang, rumitnya masalah jerawat ini karena adanya kaitan antara jenis kulit, bakteri, kebersihan wajah, hormon serta tingkat stress. jika kamu memiliki masalah dengan jerawat, menggunakan masker untuk mengobati kulit wajah yang berjerawat bisa berdampingan obat atau salep yang sedang kamu gunakan, tentu saja dengan memilih bahan bahan alami yang tidak akan mengganggu kerja obat atau salep yang sedang kamu gunakan. penggunaan masker dalam mengatasi jerawat biasanya dibagi lagi menjadi dua, yaitu masker untuk menghilangkan jerawat dan masker untuk menghilangkan bekasnya.

6.  Manfaat masker untuk kantung mata atau mata panda.

Kondisi mata berkantung atau biasa disebut kantung mata atau mata panda, umumnya disebabkan oleh kurang istirahat atau tidur, meskipun dapat disebabkan oleh faktor lain, namun memiliki mata panda juga berpengaruh kepada penampilan, selain dapat disembuhkan dengan cara dikompress, memakai masker dengan kandungan bahan tertentu juga bisa untuk menghilangkan mata panda.

7. Masker untuk kulit berminyak dan kulit kering.

Memiliki kulit berminyak tentu tidak nyaman, pada kondisi ini kamu akan susah untuk memilih make up, misal dalam pemilihan bedak, harus sangat jeli, karena jika salah maka bedak kamu akan mudah luntur dan tampak berkerak, kan nggak banget ya, satu contoh diatas merupakan masalah jika kondisi kulit berminyak, penggunaan masker dengan kandungan yang tepat akan membuat kulit kamu dapat menjadi normal dan nggak kering.

8. Manfaat masker untuk bibir.

Masalah yang sering muncul pada bibir yaitu bibir kering dan pecah pecah dan kasar, menggunakan masker dapat membuat bibir menjadi lembab, halus dan merah alami.

Bahan Masker


Masker memiliki banyak manfaat bagi kulit karena terdiri dari bahan bahan yang memiliki manfaat bagi tubuh, bahan bahan yang digunakan sebagai masker pada umumnya merupakan bahan yang dapat kita konsumsi, berikut ulasan mengenai bahan bahan yang dapat dijadikan masker :

1. Bahan masker dari minyak

Bahan masker dari minyak biasanya berasal dari minyak nabati dan yang sangat populer yaitu minyak zaitun dan minyak kelapa murni, dari 2 bahan minyak ini wajah kamu akan mendapatkan manfaat diantaranya mengatasi kulit kering, menyembuhkan jerawat, memutihkan wajah, menghaluskan wajah, mengecilkan pori pori diwajah, membuat kulit menjadi kencang serta mampu melentikkan bulu mata.

2. Bahan masker dari susu dan olahannya

Bahan masker dari susu dan olahannya mencakup masker menggunakan susu segar atau susu yang sudah mengalami proses lebih lanjut, diantaranya susu bubuk dan yoghurt, menggunakan bahan susu untuk masker akan membuat kulit wajah mu halus, cerah, terhindar dari efek penuaan dini, menghilangkan komedo serta jerawat susah muncul diwajah.
Masker yang populer digunakan biasanya berasal dari susu bubuk, seperti masker susu dancow, untuk susu cair sering digunakan yaitu susu beruang atau bear brand.

3. Bahan masker dari sayuran, buah, umbi, dan rempah serta bumbu dapur.

Untuk bahan masker yang masuk dalam kategori sayuran, buah, umbi dan rempah ragam jenisnya sangat banyak, jika kamu mengetahui manfaat dari bahan ini, maka bisa digunakan juga sebagai masker wajah.

Waktu pemakaian masker


Untuk kapan waktu pemakaian masker tidak ada aturan yang pasti, namun pada beberapa jenis masker tertentu, waktu terbaik untuk aplikasi adalah malam hari sebelum tidur, karena waktu tidur merupakan saat dimana sel sel kulit akan beregenerasi dan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, masker digunakan karena kulit dapat langsung menyerap nutrisi yang terdapat dalam kandungan masker. untuk masker yang sifatnya ringan misal masker dari sayuran, bisa diaplikasikan pagi hari sebelum kamu beraktifitas, biasanya masker digunakan sambil memasak dan membersihkan rumah.

Efek samping Masker


Meskipun masker biasanya menggunakan bahan bahan alami yang tidak berbahaya, bahkan bahan masker tersebut merupakan bahan makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari hari, namun dalam case tertentu akan menimbulkan efek samping, satu diantaranya efek samping karena terlalu lama dan sering menggunakan masker, batas maksimal dalam pemakaian masker yang disarankan adalah 30 menit dan durasi nya cukup 2 kali dalam seminggu. efek samping masker juga akan mudah mudah ditemui bagi mereka yang memiliki kulit wajah sensitif.

Demikian tulisan tentang masker dalam gambaran umumnya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik

Bottom Ad [Post Page]