Full width home advertisement

Cara mengobati luka dengan daun pegagan, Manfaat pegagan
Daun Pegagan

Pada tulisan kali ini aku mau critain pengalaman yang enggak mengenakkan hati ya, jadi tepatnya sekitar 3 hari yang lalu suami aku tuh pas jalan pulang dari anter paketan kena kecelakaan tunggal, eh dia juga dari abis jatoh itu gak cerita sama aku, baru pas dia jemput aku pulang kerja sekitar jam 3 sore, aku liat kakinya ada luka di atas telapak kaki, lukanya itu lumayan parah agak dalem karena darahnya masih merah banget.

mengobati luka berdarah dikaki dengan daun pegagan
luka sore hari masih merah banget

Kata suamiku kejadiaannya sekitar jam 11 siang pas baru aja anter paket, nah dia itu kecelakaan karena mainan hp sambil naik motor, jadi ada pembatas jalan dipinggir dia tabrak karena gak konsen ngeliat jalan, hape suami pecah lcdnya, motor pada baret baret di bagian kanan bawah stang, tapi Alhamdulillah suamiku masih sehat Cuma luka dua biji itu yang agak ngeri liatnya. Pelajaran nih ya buat yang lagi dijalan, jangan pegang hp dan fokus dulu, inget anak istri dirumah.
pengalaman mengobati luk ajatuh dari motor dengan daun pegagan
Luka kedua

Itu foto luka yang dijepret ma suami pas jam 3, aku juga bingung sempet2 nya dia ambil foto, emang mau buat apa, kata dia buat kenang kenangan biar nggak ngelakuin lagi bawa kendaraan tapi nggak konsentrasi.

Jadi sore itu langsung deh aku suruh sekalian beli betadine atau apalah yang bisa buat ngringanin luka itu, eh malah dia ngeyel enggak usah beli apa apa, malah dia ngotot mau nyobain ngobatin luka itu cuma pake daun pegagan aja, tadinya aku juga ngeyel ngapain pake daun buat ngobatin luka lumayan dalem, cuma daripada berdebat mending aku iyain dulu aja.

Jadi kebetulan itu dirumah dia abis dapet entah dari mana tanaman pegagan itu, kata suamiku ni tanaman punya banyak banget manfaat, salah satunya buat ngobatin luka, makanya dia tanem pake bekas besek kenduri yang dari plastik itu, dia tanem itu tanaman sekitar 2 minggu sebelum jatoh dari motor ini.

Jadi sore pas udah di rumah aku liatin aja cara dia ngobatin luka nya dia itu pake daun pegagan, Cuma ngambil sekitar 5 helai daun dan batangnya, lalu dikunyah sampe halus, trus langsung ditempelin ke bagian kaki yang luka, gak nyampe semenit langsung suami aku mringis mringis kesakitan kayak anak kecil gitu, aku tanyain lah kenapa, kata dia reaksi daun pegagan itu langsung kerasa, rasanya ngilu sama sakit banget, jadi rasa pas dia abis jatoh itu dateng lagi malah lebih sakit katanya.
pengalaman pribadi mengobati luka abis jatuh dari motor dengan daun pegagan cemtella asiatica
Tempel luka pake daun pegagan sore hari ke 1

Reaksi dari daun pegagan yang dikunyah itu aku liatin dari tingkah suamiku itu lumayan lama, katanya ada rasa clekit clekit gitu pas dibagian lukanya, kering aja belum tapi sambil jalan jalan aja dia, katanya biar rasa sakit dari lukanya gak terlalu kerasa.

Manfaat daun pegagan dalam mengobati luka
Luka sore hari ke 1 setelah dioles daun pegagan
Lalu sorenya dia mandi, pas abis mandi difoto lagi lukanya itu, tuh kalo yang mau lihat, abis itu dari sore sampe malem nya luka itu gak diobatin pake apa apa, cuma didiemin aja ampe pagi, malemnya kata dia rasanya kayak orang digebukin, aku sih cuma senyum senyum aja, rasain, ngapain ngobatin pake daun, bukannya pake obat tetes aja kayak betadine yang udah biasa dipake.

Nah besok paginya suamiku itu masih ngeyel mau lanjut pake daun pegagan itu lagi ditempelin, tapi emang sih ada perubahan di lukanya itu, cuma karena lokasi lukanya itu dibagian kaki yang kulitnya sering ketarik pas gerak, jadi masih ngeluarin cairan putih bening gitu, aku diem aja sih karena kayaknya lukanya udah agak baikan, tapi kata dia pas pagi ditempelin lagi lukanya pake daun pegagan, rasanya langsung ngenyut sampe ke kepala, karena kasian dia tak suruh istirahat aja dirumah seharian sampe lukanya membaik, tapi emang kalo luka di kaki yang agak dalem itu bikin kaki jadi agak bengkak gitu ya.

pengalaman mengobati kula dengan daun pegagan atau gotu gola
Luka siang hari kedua di tempel daun pegagan lagi
Kalo buat jalan kata nya rasanya lumayan njarem (jawa), mungkin karena dia tidur seharian jadi enggak dikontrol lukanya, pas pulang kerja tak liat daun pegagan itu sampe kering banget nempel di lukanya, kata suami biarin aja gak usah dibersihin, jadi hari kedua sampe malem dan pagi itu daun yang sampe kering nempel diluka itu enggak dibersihin, nah sampe hari ketiga malem keempat ini coba aku tulis aja pengalaman suami ini di blog, karena kayaknya bekas lukanya itu udah kering.

Hari ketiga paginya dia sendiri yang bersihin daun yang udah kering dan nempel dilukanya, caranya cuma dikompres aja pake air hangat sambil pake kain kering ditempel tempelin dilukanya, sampe daun kering yang nempel diluka bener bener bersih, trus seharian sampe malem ini gak diobatin lagi, cuma diangin angin biar kering, dan ternyata lukanya udah kering beneran.

Pengalaman mengobati luka dengan daun pegagan
luka udah kering hari ke tiga malam keempat
Jadi ini foto malem keempat ya, lukanya emang udah kering. aku juga heran biasanya kalo luka abis jatoh dan agak dalem kan biasanya masih keluar air terus. jadi tanaman pegagan itu kayaknya bagus banget kalo buat luka yang agak ringan, kayak punya suami aku, akhirnya semua foto yang dia jepret tak upload aja disini, sapa tau buat temen temen yang lagi cari referensi buat obat luka pake daun pegagan bisa baca pengalaman aku dan suami, semoga bermanfaat ya sharing aku kali ini. Tapi jatoh dari motor karena nggak liat jalan jangan ditiru ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik

Bottom Ad [Post Page]